Mengenal Gejala dan Penyebab Pengerasan Hati (Sirosis)

Mengenal Gejala dan Penyebab Pengerasan Hati (Sirosis) merupakan hal yang penting untuk di ketahui. Namun seseorang seringkali mengabaikannya, keterlambatan diagnosis membuat seseorang terkena dampak buruk dari sirosis hati. Yuk Kenali gejala dan penyebab sirosis Hatis sekarang Juga !!

Mengenal Gejala dan Penyebab Pengerasan Hati (Sirosis)

Berbicara mengenai sirosis atau pengerasan hati, merupakan suatu kondisi dimana hati secara perlahan- lahan mengalami kerusakan yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang .

Sehingga sel-sel dan jaringan hati mengalami kerusakan kemudian berubah menjadi jaringan parut dan menyebabkan fungsi hati semakin lama semakin menurun.

Apasaja Gejala Yang ditimbulkan Ketika Mengalami Pengerasan Hati (Sirosis)??

Mengetahui gejala dari pengerasan atau sirosis hati tentu menjadi suatu hal yang penting, agar dapat penanganan yang tepat dan cepat.

Banyak orang dengan sirosis hati tapi tidak menimbulkan atau menujukan gejala apapun pada tahap awal, tetapi ketika penyakit terus berlangsung maka seseorang akan mengalami gejala-gejala seperti berikut :

  • Mual dan muntah.
  • Mudah mengantuk.
  • Demam dan menggiggil.
  • Merasa lelah atau kelelahan .
  • Kulit mengalami gatal-gatal.
  • Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba .
  • Pada perut dan pergelangan kaki mengalami pembengkakan.
  • Penyakit kuning, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit dan bagian putih menjadi kuning.

Nah, itulah beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderita sirosis hati atau pengerasan hati. Untuk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan kondisi tersebut, dan setelah terdiagnosis segara lakukan pengobatan pengerasan hati.

Lantas, Apa Yang Menjadi Penyebab Pengerasan Hati ( Sirosis) ?

Secara Umum , penyebab pengerasan hati karena penggunaan alkohol dan akibat infeksi. Namun ternyata ada penyebab lain yang juga berperan terhadap terjadinya pengerasan hati .

  1. Alkohol

ini merupakan penyebab tersering  dari sirosis hati. Apabila anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak  dan dalam jangka waktu lama (kronik) dapat menyebabkan cedera atau luka pada sel-sel hati.

  1. Infeksi Hepatitis B dan C

Infeksi virus hepatitis dalam jangka waktu lama yang akan akan merusak fungsi sel-sel hati, sehingga terjadinya infeksi pada sel hati dan terjadinya proses radang.

Sel-sel hati yang terinfeksi akan di matikan dan diganti sel baru. Sayangnya akibat infeksi terajadi perubahan sel, sehingga proses pemulihan sel tidak kembali seperti semula. Akibatnya banyak sel yang mengalami fibrosis.

  1. Kegemukan

Kegemukan dikatakan penyebab pengerasan hati yang bersifat non-alkohol. Namun, proses terjadinya pengerasan hati kurang lebih mirip dengan alkohol.

Pada kegemukan, lemak yang berlebihan juga dapat membuat hati bekerja keras hingga melewati batas dan merusak hati.

  1. Hepatitis Auto imun

Hepatitis auto imun merupakan gangguan hati yang lebih sering ditemukan pada wanita, yang disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh. kelainan ini menyebabkan peradangan progresif dn kerusakan sel-sel hati yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya sirosis hati.

  1. Penyebab Lainnya

Terdapat beberapa penyebab lain dari pengerasan atau sirosis hati adalah reaksi abnormal pada obat-obatan tertentu dan paparan terhadap zat racun dalam waktu yang lama, serta gagal jantung kronik yang dapat menyebabkan terjadinya sirosis.

Nah, itulah beberapa gejala dan penyebab dari terjadinya pengeresan hati , apapun penyebab dan gejalanya sebaiknya segera untuk melakukan pengobatan secara cepat dan tepat.

Pilihan Pengobatan Untuk pengerasan Hati

Kunci dari pengobatan penyakit pengerasan hati adalah menghilangkan penyebabnya. Langkah pertama adalah berhenti meroko dan meminum minuman alkohol.

Pengobatan berikutnya adalah sebagai pendukung saja, dan termasuk diet tinggi protein dan garam ( natrium) dan membatasi cairan untuk mengontrol akumulasi cairan.

Perubahan gaya hidup dan pola makan sehat serta olahraga yang cukup menjadi upaya pencegahan terjadinya komplikasiatau datangnya penyakit.

Solusi Pengobatan Penyakit Hati ( Liver)

GAMAT EMAS KAPSUL MERUAPAKAN SATUSATUNYA OBAT HERBAL YANG MAMPU MENUNTASKAN MASALAH PADA HATI TERMASUK SIROS HATI SECARA TUNTAS !!

Mengenal Gejala dan Penyebab Pengerasan Hati (Sirosis)

 

BACA ULASANNYA

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*