5 Pekerjaan Yang Mempengaruhi Kesehatan Paru Paru

Pekerjaan Yang Mempengaruhi Kesehatan Paru Paru– salah satu aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan paru paru adalah merekok. Namun tidak hanya itu juga bahwa ada beberapa bidang pekerjaan yang tentunya juga dapat mempengaruhi kesehatan paru paru dan juga bisa terkena radang paru paru.

Pekerjaan Yang Mempengaruhi Kesehatan Paru Paru

Pekerjaan Yang Mempengaruhi Kesehatan Paru Paru

Paru paru merupakan organ terpenting dalam sistem pernafasan dan berhubungan dengan peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernafas dengan udara. Sehingga berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan dioksida dari darah.

Karena paru paru sangat penting untuk tubuh, kita harus menjaganya dan tidak melakukan aktivitas merugikan sepertihalnya sering merokok. Selain merokok, kesehatan paru paru juga bisa menurun apabila tidak bisa menjaga diri saat bekerja di lingkungan berikut ini.

  • Pertanaian

Lingkungan pertanian cukup berbahaya untuk kesehatan paru paru karena banyak bahan kimia yang digunakan untuk membasmi hama. Semprotan hama inilah yang bisa saja terhirup oleh hidung dan akhirnya masuk kedalam paru paru dan mengidap disana. Sebaiknya jika hal ini tidak ingin terjadi , disarankan untuk memakai masker saat berada atau bekerja di sawah.

  • Pertambangan

Pekerjaan selanjutnya adalah pertambangan, karena di area pertambangan terdapatnya debu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pneumokoniosis. Penyakit ini bisa mucul karena ada debu organik, debu anorganik,dan debu batu bara yang mampu membuat paru pau menjadi hitam. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda selalu gunakan masker terbaik yang mampu menyaring udara kotor.

  • Kontruksi

Anda bereiko tinggi jika menghirup debeu lewat pekerjaan di bidang ini. Pada akhirnya, hala ini dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit seperti kanker paru paru, mesothelioma, atau asbestos. Gangguan ini tentunya sangat berbahaya untuk pada paru paru karena bisa menyebabkan gangguan yang kronis dan menyebabkan kematian mendadak jika tidak segera di tolong.

  • Texstil

Pekerjaan lain yang bisa memicu kesehatan paru paru adalah tekstil, bahan katun yang sedang di olah menjadi benang, kain, dan pakaian akan mengeluarkan partikel coklat yang snagat berbahaya. Apabila partikel ini di hirup oleh seseorang dalam jangka waktu yang lama, maka akan beresiko terkena byssinosis atau penyakit paru paru coklat. Penyakit ini akan menyumbat saluran pernafasan sehingga penderita akan susah bernafas.

  • Otomotif

Asama amerupakan salah satu penyakit yang rentan terjadi pada anda yang bekerja di bidang otomotif. Terutama bagi anda dengan pekerjaan yang terkait pebaikan bodin kendaraan. Bahan-bahan yang terkandung di cat seperti isocyanate dan produk polyurethane, dapat mengiritasi kulit, menimbulkan alergi,dan menyebabkan masalah pernafasan yang parah.

Nah itulah tentang beberapa bidang pekerjaan yang memicu kerusakan kesehatan paru paru anda. Gunakanlah selalu alat pelindung seperti masker atau respirator untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Bagaimana supaya kesehatan paru paru tetap terjaga ?

Nah, untuk menjaga kesehatan paru paru anda bisa menerapakan pola hidup sehat dan memastikan udara yang masuk kedalam rumah secara cukup sehingga bisa mnejaga kesehatan paru anda. Namun selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru paru seperti berikut :

  • Belajar cara bernafas dengan baik
  • Minum air putih secukupnya
  • Olahraga secara rutin
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Hindari perikalku merokok dan tempat yang berasap
  • Hindari makanna yang bergas
  • Mengurangi makanan yang menyebabkan lendir di paru-paru
  • Konsumsi buah dan sayuran
  • akanan bervitamin C
  • Makan makanan yang mengandung omega 3

Cara tersebut bisa anda lakukan setiap hari untuk mengurangi resiko terkena penyakit paru paru atau bahkan bisa menyebabkan penyakit radang paru paru, penyakit ini adalah penyakit yang paling berbahaya karena bisa mengancam jiwa seseorang.

Post By :

obatradangparuparualami.gamatkapsulasli.com

1 Trackback / Pingback

  1. Bahaya Infeksi Darah Akibat Komplikasi Radang Paru Paru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*