5 Jenis Tanaman Obat Herbal Batuk Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Tanaman Obat Herbal Batuk– Musim hujan dan cuaca tidak menentu membuat kondisi kesehatan sedikit terganggu dan salah satu penyakit yang menyerang di saat cuaca yang tidak menentu ini adalah batuk, setiap orang mungkin pernah mengalaminya. Bukan kah begitu ?

Tanaman Obat Herbal Batuk

Bisa di pastikan semua orang pernah mengalami kondisi ini, apalagi jika saat ini kondisi cuaca yang tidak menentu dan membuat tubuh mudah drop sehingga daya tahan tubuh menyusut maka tubuh akan mudah terserang penyakit salah satunya adalah batuk.

Batuk memang merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita oleh banyak orang ketika hujan tiba dan untuk mengatasinya anda bisa melakukan cara yang alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman herbal yang mampu mengobati batuk

5 Jenis Tanaman Obat Herbal Batuk Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Salah satu obat yang bisa anda konsumsi ialah obat herbal yang berasal dari tanaman obat. Apa saja tanaman obat herbal batuk yang bisa anda ketahui ? simak penjelasnya sebagai berikut.

  1. Jeruk Nipis

Tanaman Obat Herbal Batuk

Tanaman Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Batuk yang pertama yang bisa anda coba ketika mengalami batuk baik betuk berdahak ataupun tidak berdahak ialah dengan mencoba mengkonsumsi jeruk nipis.

Tanaman ini memenag di ketahui sebgai salah stau tanaman yang mempunyai manfaat yang snagat aik untruk menyembukan batuk anda.

Selain itu, jeruk nipis ini juga sangat aman untuk di kopnsumsi karena tanaman obat ini tidak ,mempunyai efek smaping yang berlebihan ketika anda memngkonsumsinya.

Hal yang perlu anda lakukan ilah dengan memeras jeruk nipis tersebut kemudian perasan jeruk nipis tersebut bisa anda ambil untuk di minum. Namun jika anda tidak kuat dnegan rasa yang asam, anda bisa menambahkannya dnegan kecap manis kedalam perasan jeruk nipis tersebut.

  1. Jahe Merah

Tanaman Obat Herbal Batuk

Jahe merah merupakan slah satu dari tanaman yang sering di gunakan sbegai obat batuk secara alami.

Cara membuatnya cukup dnegan menyiapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari yang kemudian di kunyah hingga halus telah airnya dan buang ampasnya.

Atau bisa juga dengan proses parut hingga halus kemudian di ambil sarinya untuk di minum. Anda bisa melakukan hal ini sehari2 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. JaheTanaman Obat Herbal Batuk

Tanaman obat herbal batuk yang bisa anda pilih selanjutnya ilah jahe. Jahe memeiliki banyak kekuatan rahasia dan telah di gunakan untuk khasiat obatnya sejak zaman purba.

Praktisi pengobatan timur umumnya meresepkan jahe untuk emngobati gejala pilek dan batuk hal ini karena kemampuan antihistamin dan dekongestannya.

Anda bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe segar dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih selama 20 menit dan angkat dari api.

Saring, tambahkan 1 sendok makan madu dan peras lemon, dan rasa; Jika terlalu pedas, tambahkan lebih banyak air.

  1. Belimbing Wuluh

Tanaman Obat Herbal Batuk

Belimbing wuluh yang biasa kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan citarasa yang sedilit masam. Namun tak sangka ternyata bis akita jadikan sebgai obat herbal untuk mneyembuhkan batuk secara alami.

Cara membuatnyapun cukuplah mudah : siapkan 10 buah belimbing wuluh yang telah di bersihkan lalu parut hingga halus. Kemudian tambahkan air dan garam secukupnya, terakhir saring ramuan tadi afar ampasnya bisa di buang. Ramuan ini bisa di minum 2 kali sehari pagi dan sore.

  1. Kunyit dan mericaTanaman Obat Herbal Batuk

Kunyit dan merica, selain berfungsi sebagai bahan remaph-rempah untuk penyedap masakan ternyata juga bisa di gunakan sebgai bahan obat alami untuk batuk. Hal ini karena kunyit merupakan salah stau tanaman yang memiliki kandungan zat aktif antibiotik.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu  : Siapkan kunyit sebesar ibu jari, dan merica setengah sendok teh.

Campurkan kedua bahan pada air mendidih kemudian aduk hingga tercampur sempurna. Minumlah ramuan herbal tersebut selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Demikianlah kumpulan tanaman obat herbal batuk , semoga artikel inidapat membantu mengurangi rasa sakit akibat serangan batuk . selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Post By :

Obat Herbal Batuk

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*